Apakah Kemampuan Komunikasi Juga Dibutuhkan Bagi Lulusan TI?

Dunia semakin cepat berubah, dalam dua dasawarsa terakhir perkembangan teknologi sudah demikian pesatnya memberkan dampaknya yang menyentuh segala aspek kehidupan manusia. Salah satu hal yang berkembang sangat pesat dan menjadi pemicu dari perkembangan yang ada adalah komunikasi. Nah, dalam perkembangan terakhir dimana dunia informasi menjadi sangat penting dalam aspek kehidupan, maka komunikasipun tidak dapat ditawar lagi dan menjadi bagian yang sangat penting dalam melengkapi kehidupan manusia. Metode, fasilitas, dan perangkatnyapun sudah berkembang maju sedemikian modernnya sehingga sekarang dunia seakan tidak ada batasnya lagi, manusia dapat berhubungan satu sama lain dengan begitu mudah dan cepatnya.

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan)dari suatu pihak ke pihak lainnya agar terjadi saling mempengaruhi antara keduanya. Komunikasi ada dua, yaitu komunikasi dengan bahasa verbal dan komunikasi dengan bahsa nono verbal. Pada umumnya, komunikasi dilakukan dengan kata – kata (lisan) yang dapat dimengerti oleh kedua pihak. Apabila tidak bisa dilakukan komunikasi dengan bahasa verbal, komunikasi masih bisa dilakukan dengan menggunakan gerak – gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa non verbal.

Manusia berkomunikasi untuk membagi pengetahuan dan pengalaman. bentuk umum komunikasi manusia ada beberapa cara, yaitu bahasa sinyal, bicara, tulisan, gerakan, dan penyiaran. Komunikasi dapat berupa interaktif, transaktif, bertujuan, atau tak bertujuan. Selain itu, dalam melakukan komunikasi, setidaknya disampaikan dengan semenarik mungkin agar si penerima pesan dapat dengan mudah meyerap apa yang disampaikannya. dan agar si penerima pesan kesannya tidak terpaksa dan bisa menerima pesan dengan senang hati.

Semua manusia di dunia ini membutuhkan komunikasi untuk saling berinteraksi, saling membagi pengetahuan, dan pengalaman. Tak terkecuali untuk lulusan IT. Bagi lulusan IT pun komunikasi menjadi hal yang penting dan tidak dapat dipisahkan karena pada hakekatnya manusia memang membutuhkan komunikasi. Banyak orang berpendapat bahwa lulusan IT tidak pandai dalam hal komunikasi. Hanya saja memang untuk mengkomunikasikannya itu tidak mudah. Dalam berkomunikasi, lulusan IT harus memiliki juga dasar – dasar kemampuan berkomunikasi yang memadai agar dapat berkomunikasi secara efektif dan efisien. Begitu kompleknya hal dan permasalahan yang ada menuntut adanya suatu cara atau sistem komunikasi yang fektif dan efisien.

Komunikasi sangat dibutuhkan di dunia ini. Setelah menjadi lulusan TI, tentu kehidupan orang tersebut tidak stagnat atau berhenti samapi di situ saja. Mereka perlu mempromosikan dirinya untuk mencari pekerjaan yang cocok dengan bidang dan kemauannya. Mereka harus bisa mempromosikan dirinya dengan sebaik dan seefektif mungkin. Dengan berkomunikasi mereka bisa menunjukkan segala kelebihan yang dimilikinya dan menjadikan kekurangannya menjadi kelebihannya juga. Ddan tentunya hal ini membutuhkan cara berkomunikasi yang baik yang bisa dengan mudah diterima oleh penerima komunikasi. Jika para lulusan TI ini kurang dapat berkomunikasi bagaimana mereka bisa menunjukkan segala kelebihan yang dimilikinya. Walaupun lulusan tersebut sangat pintar, namun jika tidak dapat mengkomunikasikan, maka kelebihan yang dimilikinya pun percuma karena orang – orang tidak akan tahu kelebihannya dan kelebihannya itu tentu tidak bermanfaat bagi masyarakat luas.

Meskipun lulusan tersebut tidak berkeinginan untuk bekerja dengan orang lain dan ingin mendirikan suatu lapangan kerja sendiri, komunikasi tetap menjadi aspek yang sangat penting. Mendirikan suatu usaha dan memimpin usaha itu sendiri juga tidaklah mudah. Dalam proses kerjanya, tentu tetap membutuhkan orang lain untuk tenaga bantuan yang dibutuhkan. Tidak sampai disitu, mereka juga perlu mengarahkan dan membimbing pekerjanya agar bisa bekerja seperti yang diinginnkan. Di sini proses komunikasi sangat dibutuhkan. Apalagi berkomunikasi secara efektif. Jika tidak, maka tidak ada kordinasi antar keduanya sehingga kerjasama yang baik tidak tercipta. Di luar masalah pekerja, lulusan TI dalam menjalankan perusahaannya juga membutuhkan suatu proses komunikasi. Yaitu dalam hal mengenalkan atau mempromosikan barang produksinya, menceritakan keunggulan – keunggulan produknya, dan membuat komsumen tertarik sehingga bisa menjadi kostumer tetap, mereka sangat membutuhkan suatu komunikasi. Jika ada masalah dalam proses komunikasinya, bagaimana para calon konsumen bisa tertarik dengan produk yang ditawarkan. Jangankan untuk tertarik, untuk mengetahui adanya produk tersebut saja mungkin akan mengalami kendala yang cukup besar jika mereka tidak dapat mengkomunikasi dengan baik dan efektif. Mereka juga tidak bisa mengembangkan produknya dengan baik karena kurang mendapat respon dan feedback dari orang lain.

Selain berkomunikasi secara langsung, dewasa ini, komunikasi bisa dilakukan secara tidak langsung. Berkembangnya teknologi komunikasi dengan pesat, turut membantu terciptanya proses komunikasi secara tidak langsung. Contohnya internet, televisi, radio membuat seakan dunia ini tidak ada batasannya. Dengan teknologi – teknologi seperti itu proses komunikasi dapat berjalan dengan cepat. Orang dapat langsung berkomunikasi tanpa harus bertatap muka. Orang bisa menggunakan media web, chating, sosial networking untuk saling berinteraksi tanpa bertatap muka secara langsung. Namun, seiring perkembangan jaman, meski terpisah sekian mil, manusia tetap bisa berkomunikasi dengan suara dan memandang wajah masing – masing. banyak media yang menyidiahkan perangkat lunak, seperti Yahoo mesennger dengan web camp, skype dan lain –lain.

Perkembangan teknologi – teknologi komunikasi tersebut tidak terlepas dari tangan lulusan – lulusan TI. Lulusan TI membuat teknologi – teknologi yang menyebabkab proses komunikasi dapat terjadi secara cepat dan tidak ada batasan tempat. namun, dalam pembuatannya, lulusan TI juga harus punya kemampuan untuk komunikasi. Mereka hendaknya tidak hanya membuat, tetapi juga mempelajari komunikasi itu sendiri sehingga sasaran atau tujuan komunikas itu benar – benar tepat pada sasarannya. Meski komunikasi tidak dilakukan secara langsung tapi adat komunikasipun tetap berlaku. Pesatnya perkembangan teknologi komunikasi ini juga merupakan tanggung jawab para lulusan TI. Banyak hal buruk juga yang dihasilkan oleh perkembangan teknologi ini dan banyak pula terjadi kejahatan – kejahatan di dunia maya. Lulusan – lulusan TI juga harus turut bertanggung jawab dalam hal ini. Hal yang bisa mereka lakukan salah satunya adalah mengkomunikasikannya dengan masyarakat luas. Banyak hal yang bisa mereka lakukan, misalnya mengadakan seminar – seminar, workshop, dan lain – lain. Dalam seminar – seminar atau workshop yang mereka lalukan, mereka harus benar – benar mampu berkomunikasi dengan baik agar apa yang dikomunikasikan dapat diterima dengan baik oleh para penerima komunikasi tersebut sehingga tujuan – tujuannya benar – benar tercapai.

Selain seminar, dalam pesatnya teknologi komunikasi di dunia ini, para lulusan TI juga dibutuhkan sebagai penasehat oleh beberapa kalangan yang membutuhkan teknologi ini. Mereka, lulusan TI, dipandang orang yang paling mengerti tentang komunikasi dengan teknologi – teknologi modern. Di sini, para lulusan TI memiliki tanggung jawab yang besar untuk bisa mengkomunikasikannya tentang pengetahuan – pengetahuan yang dimilikinya sehingga ilmu yang dimilikinya benar – benar berguna bagi masyarakat dan tidak merugikan orang banyak. Mereka harus benar – benar bisa mendemonstrasikan apa yang sebenarnya menjadi tujuan utama dari teknologi yang mereka ciptakan agar nantinya hasil teknologinya tidak disalahgunakan orang lain.

Hal – hal di atas adalah contoh pentingnya komunikasi dalam bidang pekerjaan. Sekarang bagaimana dengan kehidupan sehari – harinya. Lulusan TI tentu juga mempunyai kehidupan sendiri. Mereka juga mau tak mau harus terjun langsung dalam masyarakat sebenarnya. Dalam kehidupan sehari – hari tentu semua orang tidak bisa lari dari proses komunikasi. Semua aspek kehidupan membutuhkan proses komunikasi. Sebagai manusia kita butuh untuk berkomunikasi dengan sesamanya agar terjadi suatu hubungan timbal balik yang saling menguntungkan. Apalagi sebagai manusia kita adalah makhluk sosial, makhluk yang butuh orang lain untuk bersosialisasi. Manusia sebagai makhluk sosial artinya manusia bukanlah makhluk tunggal karena manusia diciptakan tidak untuk hidup sendiri namun diciptakan untuk hidup bersama dengan orang lain. Hal ini tidak bisa kita pungkiri karena manusia saling membutuhkan dan memerlukan orang lain untuk hidup. Begitu pula dengan lulusan TI. Dalam kehidupan sehari – hari lulusan TI pun sama dengan orang lain. Mereka adalah makhluk sosial yang butuh untuk bersosialisasi dan butuh orang lain dalam kehidupannya.

Selain komunikasi dengan menggunakan bahasa verbal seperti contoh – contoh di atas. Komunikasi juga bisa dilakukan dengan bahasa non verbal seperti gerak – gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Meski komunikasi ini lebih jarang digunakan dari pada komunikasi dengan bahasa verbal, namun komunikasi cara seperti ini juga penting. Komunikasi ini penting dalam berkomunikasi secara langsung dan singkat. Contoh komunikasi non verbal yang sangat penting dilakukan adalah tersenyum. Dengan senyum, kita bisa memikat semua orang dengan cepat dan mudah. Dan ini perlu dilakuakan oleh semua orang termasuk lulusan TI karena seperti yang telah dijelaskan di atas, lulusan TI harus punya kemampuan komunikasi dengan baik. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk penunjangnya adalah komunikasi non verbal ini, yaitu tersenyum. Satu hal lagi, proses komunikasi harus bisa dilakukan dengan semenarik mungkin agar si penerima dapat dengan mudah menerima apa yang disampaikannya.

Dari tulisan – tulisan di atas, komunikasi adalah suatu proses yang sangat penting dalam kehidupan ini, baik yang verbal maupun non verbal. Baik langsung maupun tidak langsung atau menggunkan media – media komunikasi yang modern. Non verbal dapat membantu sebagai penunjang dalam berkomunikasi secara verbal. Semua hal ini dibutuhkan oleh semua aspek kehidupan tak terkecuali lulusan – lulusan TI. Contoh nyata yang sering terjadi akibat kurangnya kemampuan komunikasi bagi para mahasiswa TI adalah mereka sulit mendapat gelar juara saat perlombaan - perlombaan karena mereka kurang bisa mempresentasikan hasil kerja mereka dengan baik. Presentasi mereka kurang menjual sehingga kurang mendapat respon positif dari juri. Padahal hasil karya mereka sudah sangat bagus bahkan mungkin lebih bagus dari peserta lain. Tapi apalah artinya itu semua jika mereka kurang bisa menunjukkan kelebihan yang mereka punya di hadapan khalayak umum. Oleh sebab itu, kemampuan komunikasi itu menjadi hal yang sangat penting juga bagi lulusan TI. Dalam hal berkomunikasi tidak hanya sekedar berkomunikasi saja. mereka harus bisa bagaimana cara berkomunikasi yang baik dan efektif. Bagaimana caranya? Banyak hal yang dilakukan, pertama kenali dulu siapa yang kita ajak komunikasi, kenali siapa dia, bagaimana sifatnya, dan lain – lain agar nantinya kita bisa tahu bahasa dan cara apa yang bisa digunakan. Dan yang paling penting adalah perhatikan orang – orang yang kita ajak komunikasi. Dari dalam diri kita, kita harus bisa percaya diri, dan senyum sehingga orang yang ita ajak komunikasi dengan senang hati menerima apa yang kita sampaikan.

0 komentar:

Posting Komentar